Monday, January 25, 2010

Belajar dari Muhammad bin Abdullah


bismillah

satu hal penting yang perlu saya sampaikan dalam hal ini.

"Rasulullah tidak pernah peduli dengan segala keburukan yang dilakukan orang lain terhadap diri pribadinya." tapi apabila suatu hal itu berkaitan dengan ALLAH dan islam, tidak akan tinggal diam. beliau akan berusaha memilih cara yang paling baik dan paling bijaksana.

suatu ketika dulu, salah seorang penduduk mekah yang membenci rasulullah melemparkan kotoran/najis kepintu rumah rasulullah. ketika rasulullah keluar rumah dan melihat ada kotoran manusia didepan pintunya, beliau tidak marah dan tidak mencari tahu siapa yang telah melemparkan kotoran manusia didepan rumahnya. beliau hanya membersihkannya saja. dan kejadian itu terjadi berulang-ulang, sehingga "membersihkan kotoran" didepan rumahnya dipagi hari itu sidah menjadi satu kegiatan rutin yang dilakukan beliau setiap hari.

di suatu pagi ketika rasulullah keluar dari rumah, beliau tidak melihat sedikit pun najis di depan rumahnya. beliau merasa sangat heran. beliau merasa heran sebb dipagi itu tidak ada najis didepan rumahnya. dan "kealfaan" orang yang melempar kotoran pada hari itu membuat rasulullah bertanya-tanya. tapi pertanyaan pertama bukanlah "siapa yang melempar kotoran itu" tapi "mengapa orang yang melempar kotoran itu tidak datang hari ini". ini sungguh sangat indah. dan ketika rasulullah mengetahui bahwa orang itu sakit, beliau datang kerumahnya dan membawa makanan yang baik.

Rasulullah tidak mempedulikan perbuatan orang lain terhadap dirinya, namun beliau sangat-sangat memikirkan apa yang beliau lakukan terhadap orang lain. sebab beliau sangat memahami dan mengimani tentang hari pembalasan.

Begitulah contoh teladan yang terbaik yang dilakukan oleh Rasulullah sallallahu'alaihi wa sallam.

2 comments:

anonyms said...

alamak..terkena batang hidunglah..:)
indahnya peribadi rasulullah..
mampu ke sy jadi mcm tu?

wildan said...

semua manusia tentu mampu seperti itu. insyaallah..

Post a Comment

terimakasih sebab sudi mengunjungi blog sy...
smoga bermanfaat untuk semua..