Thursday, April 16, 2009

Untuk Wanita


salamullah alaik..........................


bismillahirrohmaanirrohiim.................
Islam merupakan agama yang fitrah, agama yang sesuai dengan akal manusia yang berakal. Setiap hukum dan peraturan yang ALLAH tetapkan untuk manusia, semuanya sesuai dengan akal manusia yang berakal dan bisa difikirkan bagi yang bisa berfikir. Berbagai hukum yang seakan-akan memberatkan sebelah pihak bahkan terkadang seakan-akan tidak adil dipandangan manusia. Tapi itulah hukum dan peraturan dari yang MAHA MENGETAHUI dan yang MAHA ADIL. Seperti hukum dalam pembagian harta warisan. Wanita mendapat setengah bagian, sedangkan lelaki mendapat satu bagian. Contoh lain, dua orang saksi perempuan yang bersaksi sama dengan seorang lelaki yang bersaksi. Hak talaq dalam pernikahan diberikan kepada lelaki. Mungkin sebagian kita ada yang belum memahami” apa hikmah dari hukum-hukum itu debrikan seperti itu. Itu lah ALLAH yang maha adil.
Rasulullah telah diperlihatkan oleh ALLAH bahwa kebanyakan isi neraka itu adalah dari kaum wanita.
Kaum wanita Mengakui atau pun tidak mengakui, tapi seperti itulah hakekatnya.
Seperti dikatakan”lebih baik menjaga sepuluh ekor kambing berbanding menjaga seorang seorang wanita”. Itu menandakan betapa susahnya menjaga wanita. Bagi yang ada pengalaman menjaga kambing mungkin tahu bagaimana susahnya menjaga kambing. Penulis pernah mendapatkan pengalaman menjaga kambing, sungguh sangat susah. Menjaga lembu yang besar jauh lebih mudah berbanding menjaga kambing. Kambing yang dibiarkan terikat, boleh jadi mati tergantung walau talinya panjang. Kalau dibiarkan lepas, boleh jadi dia berlari kesetiap tempat. Bahkan akan masuk ke kebun orang. Begitulah gambaran susahnya menjaga kambing. Menjaga seorang wanita jauh lebih susah lagi. Kambing yang dilepaskan tidak akan menipu anda, tapi wanita yang dijaga bisa menipu anda.
Semoga ini menjadi pengajaran dan tambahan ilmu bagi kita untuk berfikir. Sebab kita semua pasti akan berhubung dengan wanita. Baik yang dirnya adalah perempuan, atau pun yang punya anak perempuan, adik perempuan, kakak perempuan, atau pun memiliki istri. Didiklah dengan agama dan akhlak yang baik, walau pun itu tidak mampu memastikan dia akan selamat. Tapi semoga semua itu mampu menjadi pengikat pada dirinya. Jika dia tersesat, semoga dia tahu jalan untuk kembali. Itulah satu harapan yang mampu kita tanamkan dihati kita. Siapa pun kita, lelaki atau pun perempuan. Perhatikanlah hadis berikut ini.
Dari abu sa’id al kudriy ra. Dia berkata: rasulullah datang ketempat solat untuk mengimami kami dalam solat idul adha atau idul fitri. Beliau berpapasan dengan para wanita, lalu beliau bersabda : “ wahai kaum wanita...! perbanyaklah bersedekah, karena saya diberitahu/diperlihatkan bahwa kebanyakan isi neraka adalah kaum wanita.” Mereka bertanya: “mengapa demikian ya rasullah ?” beliau menjawab: “karena kalian banyak memaki dan tidak berterima kasih pada suami , juga akal dan agama kalian kurang berbanding lelaki.” Apa yang menyebabkan agama dan akal kami kurang ya rasulullah ?”beliau menjawab: “bukankah kesaksian dua orang wanita sebanding dengan kesaksian seorang lelaki ?” mereka menjawab: “ya” . rasulullah melanjutkan sabdanya : “itulah kekurangan akal wanita. Bukankah wanita itu tidak boleh solat dan berpuasa ketika sedang haid ?” mereka menjawab:”ya”. Sabda nabi saw: itulah kekurangan dalam agama. (bukhari, no hadis: 304)

Setelah membaca hadis diatas, cobalah untuk berfikir sejenak. Apa yang harus anda dan kita lakukan ?? harus melatih diri mulai sekarang. Jika tidak dilatih dari sekarang, anda akan menyusahkan orang yang akan menjaga anda. Ketahuilah bahwa didalam diri setiap manusia itu ada kejahatan, dan ada kebaikan. Jika kita tidak melatih kebaikan dan membiasakannya untuk hadir didalam diri kita. Maka iblis akan mendidik kejahatan dalam diri kita.

Walau pun engkau terlihat sholehah sekali pun. Engkau tetap harus berusaha untuk melatih diri. Ingatlah...dan perhatikanlah...medan pertempuran yang akan kita hadapi jauh lebih berat berbanding yang kita hadapi saat ini. Jika tidak memulai latihan itu dari sekarang, bila lagi ??!!

No comments:

Post a Comment

terimakasih sebab sudi mengunjungi blog sy...
smoga bermanfaat untuk semua..