Monday, June 15, 2009

si miskin yang baik hati...



bismillah..
ketika itu saya menonton acara "tolong" yang di tayangkan di "sctv"salah satu canel TV di indonesia.

seorang nenek tua yang kira-kira sudah berumur lebih dari setengah abad berjalan membawa sebungkus nasi yang sudah dikeringkan untuk dijual seharga RP20.000(DUA PULUH RIBU RUPIAH). Beliau menjual nasi itu untuk membeli susu untuk cucunya yang sedang sakit.

nenek tua itu berjalan menelusuri jalan kota dan setiap bertemu orang, dia akan mencoba untuk menawarkan nasi itu sambil berkata..
:"mau beli nasi ini..?saya memerlukan uang untuk membeli susu untuk cucu saya yang sedang sakit.." sebagian orang akan langsung menolak dan berkata"nggak/tidak.."
beberapa kali nenek itu menawarkan dan meminta pertolongan dari orang kaya. namun tiada yang sudi mengeluarkan uang yang hanya Rp20.000(kira-kira RM7 ).ada juga beberapa orang yang ingin membelinya, namun menawar dengan harga RP1000 atau Rp5000. itu pun disebabkan mereka tahu ada kamera yang sedang mengikuti nenek itu. tapi nenek itu tidak mau menjual nasi itu.

satu ketika, ada seorang nenek tua yang laun berjalan agak laju tak jauh dari nenek yang menjual nasi tadi. saat itu sudah pukul 9 malam waktu indonesia bagian barat(pukul 10 malam di malaysia). nenek yang menjual nasi itu menyapa nenek yang satu lagi."dari mana..?" nenek yang satu lagi menjawab.."dari mejual ikan asin.."terlihat kerangjang tempat menyimpan ikan masin ada dibelakangnya.(seperti gambar diatas).
nenek yang menjual nasi itu mencoba menawarkan nasinya kepada nenek yang menjual ikan asin yang terlihat berjalan agak cepat."saya mau jual nasi ini Rp20.000 untuk membeli susu untuk cucu saya yang sedang sakit. kamu mau beli..?"
nenek penjual ikan asin itu berkata:"cucu kamu sakit..?anakku juga sakit..aku harus pulang cepat.."nenek penjual ikan asin tadi berkata sambil mengeluarkan uang sebesar Rp20.000 dan memberikan uang itu kepada nenek tadi"ini untuk membeli susu untuk cucu kamu.."nenek tadi langsung berlalu tanpa mengambil nasi yang ditawarkan. nenek yang menjual nasi itu mengejar nenek tadi dan memberikan nasi itu sambil mengucapkan terima kasih.keduanya berpisah ditempat itu. tak lama kemudian seorang wanita muda utusan dari media TV sctv menghampiri nenek penjual ikan asin itu sambil memegang tangan si nenek dan berkata"karena nenek sudah berbaik hati untuk menolong nenek yang tadi.., ini ada sebagian rezeki untuk nenek"wanita muda itu menyerahkan uang sebesar Rp1000.000(satu juta rupiah) ke tangan nenek itu, dan langsug berlalu tanpa menunggu kata-kata dari nenek itu. nenek yang dalam keadaan bingung dan terkejut itu mengeluarkan air matanya seketika itu juga. dia menangis..."ya allah.."hati wanita tua itu sangat terkejut dan tersentuh oleh kejadian yang di alaminya. ALLAH langsung membalas kebaikan dan pengorbanannya tadi. dia langsung berjalan menuju rumahnya sambil menangis. kamera terus mengikuti nenek itu sampai kerumahnya. rumahnya sangat buruk, berdinding buluh. suaminya sudah sangat tua dan tidak bekerja.

pembaca yang dirahmati ALLAH...
dimana hati kita saat membaca tulisan yang diatas dan membayangkan kejadian itu...?
orang yang berkecukupan dalam rezeki, tapi terlalu susah untuk membantuorang lain.
wallahu'alam..