Wednesday, June 10, 2009

Aduhai kematian..


Suatu waktu yang pasti akan datang menghampiri diri ini. Baik dalam keadaan siap atau pun dalam keadaan tidak siap. Disaat dia telah datang, terputuslah hubungan seorang kekasih dengan kekasihnya, saudara-saudara yang sangat menyayangi sekali pun tidak akan sudi menemani. Kematian akan membuat sebagian orang tersenyum bahagia, dan sebagian yang lain menangis sedih, memisahkan orang-orang yang tengah berkumpul, penghancur kelezatan dan pemutus angan-angan.

Ketika kematian itu datang..,diri ini hanya mampu berkata..:”aduhai..seandainya dulu aku menjaga hari-hariku, dan kugunakan untuk beribadah padaNYA dan merasa di awasi olehNYA.” Ketika jiwa hanya mampu berkata:”..betapa sayangnya hari-hariku yang telah lewat dan berlalu...” Yang terfikir saat itu ialah saat-saat akan berdiri dihadapan ALLAH dan diminta pertanggung jawaban atas segala sesuatunya. Ketika itulah lutut ini akan bergetar keras, tubuh ini pun bergoncang keras, nafas semakin sesak, kerisauan menguasai diri. “apa yang telah aku lakukan selama ini ?seandainya aku hanya seorang tukang roti yang membuatkan roti untuk orang-orang, seandainya aku hanya seorang anak kecil..,seandainya aku hanya diminta pertanggungjawaban atas diriku sendiri dan tidak dimintai pertanggungjawaban atas banyak orang.”

Mengingat kematian akan membuat angan-angan menjadi pendek. Membuat diri lebih berhati-hati dalam berbuat. Menyadarkan diri dari segala kelalaian, membuat raja menjadi sanggup melepaskan tahta dan mahkotanya, membuat singa yang ganas menjadi jinak, melumatkan segala kesombongan, membangkitkan semangat untuk mempersiapkan diri secepatnya.

Tiada yang meragukan tentang kepastian datangnya kematian, dan tiada seorang pun yang mampu menahannya walau sesaat.”wahai jiwa..wahai hati...renungkanlah hal ini, bangkitkan dirimu, hatimu, serta jiwamu yang masih tertidur...kematian semakin hampir dengan kita...”

jika jiwamu merasa lemah dan malas..katakanlah pada jiwamu:"maukah engkau jika ajalmu datang sedangkan engkau dalam keadaan lalai seperti ini.."

1 comment:

Diana Fitri said...

kak, itu mayat beneran ya? ngeri banget gambarnya ~.~

Post a Comment

terimakasih sebab sudi mengunjungi blog sy...
smoga bermanfaat untuk semua..